Jumat, 08 April 2011

PERMENDIKNAS RI NO 12 TH 2007


SALINAN
PERATURAN
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 12 TAHUN 2007
TENTANG
STANDAR PENGAWAS SEKOLAH/MADRASAH
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,

Menimbang:    bahwa dalam rangka pelaksanaan Pasal 39ayat (3) Peraturan Pemerintah Nomor 19Tahun 2005 tentang Standar NasionalPendidikan perlu menetapkan PeraturanMenteri Pendidikan Nasional tentang StandarPengawas Sekolah/Madrasah;
Mengingat: 1. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara RepublikIndonesia Tahun 2005 Nomor 41,Tambahan Lembaran Negara RepublikIndonesia Nomor 4496);
2.  Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2005tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi,Susunan Organisasi, dan Tata Kerja
Kementerian Negara Republik Indonesiasebagaimana telah beberapa kali diubahterakhir dengan Peraturan Presiden Re-publik Indonesia Nomor 94 Tahun 2006;

3.Keputusan Presiden Republik IndonesiaNomor 187/M Tahun 2004 mengenaiPembentukan Kabinet Indonesia Bersatusebagaimana telah beberapa kali diubahterakhir dengan Keputusan PresidenRepublik Indonesia Nomor 20/P Tahun2005;
MEMUTUSKAN:
Menetapkan :PERATURAN MENTERI PENDIDIKANNASIONAL REPUBLIK INDONESIA TEN-TANG STANDAR PENGAWAS SEKOLAH/MADRASAH.
Pasal 1
(1)Untuk dapat diangkat sebagai pengawas sekolah/madrasah, seseorang wajib memenuhi standarpengawas sekolah/madrasah yang berlaku secaranasional.
(2)Standar pengawas sekolah/madrasah sebagaimanadimaksud pada ayat (1) tercantum dalam LampiranPeraturan Menteri ini.
Pasal 2
Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.
Ditetapkan di Jakarta
pada tanggal 28 Maret 2007
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,
TTD.
BAMBANG SUDIBYO
Salinan sesuai dengan aslinya.
Biro Hukum dan Organisasi
Departemen Pendidikan Nasional,
Kepala Bagian Penyusunan Rancangan
Peraturan Perundang-undangan dan
Bantuan Hukum I,
Muslikh, S.H.
NIP 131479478

3
SALINAN
LAMPIRAN
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
NOMOR 12 TAHUN 2007
TANGGAL 28 MARET 2007
TENTANG
STANDAR PENGAWAS SEKOLAH/MADRASAH
A.KUALIFIKASI
1.Kualifikasi Pengawas Taman Kanak-kanak/RaudhatulAthfal (TK/RA) dan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidai-yah (SD/MI) adalah sebagai berikut:
a.Berpendidikan minimum sarjana (S1) atau diplomaempat (D-IV) kependidikan dari perguruan tinggiterakreditasi;
b.1)Guru TK/RA bersertifikat pendidik sebagai guruTK/RA dengan pengalaman kerja minimum de-lapan tahun di TK/RA atau kepala sekolah TK/RA dengan pengalaman kerja minimum 4 ta-hun, untuk menjadi pengawas TK/RA;
2)Guru SD/MI bersertifikat pendidik sebagai guruSD/MI dengan pengalaman kerja minimum de-lapan tahun di SD/MI atau kepala sekolah SD/MI dengan pengalaman kerja minimum 4tahun, untuk menjadi pengawas SD/MI;

5
c.Memiliki pangkat minimum penata, golonganruang III/c;
d.Berusia setinggi-tingginya 50 tahun, sejak diangkatsebagai pengawas satuan pendidikan;
e.Memenuhi kompetensi sebagai pengawas satuanpendidikan yang dapat diperoleh melalui uji kom-petensi dan atau pendidikan dan pelatihan fung-sional pengawas, pada lembaga yang ditetapkanpemerintah; dan
f.Lulus seleksi pengawas satuan pendidikan.
2.Kualifikasi Pengawas Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Me-nengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), dan Se-kolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan(SMK/MAK) adalah sebagai berikut :
a.Memiliki pendidikan minimum magister (S2)kependidikan dengan berbasis sarjana (S1) dalamrumpun mata pelajaran yang relevan padaperguruan tinggi terakreditasi;
b.1)Guru SMP/MTs bersertifikat pendidik sebagaiguru SMP/MTs dengan pengalaman kerja mi-nimum delapan tahun dalam rumpun matapelajaran yang relevan di SMP/MTs atau ke-pala sekolah SMP/MTs dengan pengalamankerja minimum 4 tahun, untuk menjadi penga-was SMP/MTs sesuai dengan rumpun matapelajarannya;
2)Guru SMA/MA bersertifikat pendidik sebagaiguru dengan pengalaman kerja minimum dela-

6
pan tahun dalam rumpun mata pelajaran yangrelevan di SMA/MA atau kepala sekolah SMA/MA dengan pengalaman kerja minimum 4 ta-hun, untuk menjadi pengawas SMA/MA sesuaidengan rumpun mata pelajarannya;
3)Guru SMK/MAK bersertifikat pendidik sebagaiguru SMK/MAK dengan pengalaman kerjaminimum delapan tahun dalam rumpun matapelajaran yang relevan di SMK/MAK atau ke-pala sekolah SMK/MAK dengan pengalamankerja minimum 4 tahun, untuk menjadi penga-was SMK/MAK sesuai dengan rumpun matapelajarannya;
c.Memiliki pangkat minimum penata, golonganruang III/c;
d.Berusia setinggi-tingginya 50 tahun, sejak diangkatsebagai pengawas satuan pendidikan;
e.Memenuhi kompetensi sebagai pengawas satuanpendidikan yang dapat diperoleh melalui uji kom-petensi dan atau pendidikan dan pelatihan fung-sional pengawas, pada lembaga yang ditetapkanpemerintah; dan
f.Lulus seleksi pengawas satuan pendidikan.

7
B.KOMPETENSI
1.Kompetensi Pengawas Taman Kanak-Kanak/Rau-datul Athfal (TK/RA) dan Sekolah Dasar/MadrasahIbtidaiyah (SD/MI)


DIMENSIKOMPETENSI
KOMPETENSI
1.KompetensiKepribadian
1.1Memiliki tanggungjawab se-bagai pengawas satuan pen-didikan.
1.2Kreatif dalam bekerja dan me-mecahkan masalah baik yangberkaitan dengan kehidupanpribadinya maupun tugas-tugas jabatannya.
1.3Memiliki rasa ingin tahu akanhal-hal baru tentang pendidik-an dan ilmu pengetahuan, tek-nologi dan seni yang menun-jang tugas pokok dan tang-gungjawabnya.
1.4Menumbuhkan motivasi kerjapada dirinya dan padastakeholder pendidikan.
2.KompetensiSupervisiManajerial
2.1Menguasai metode, teknikdan prinsip-prinsip supervisidalam rangka meningkatkanmutu pendidikan di sekolah.

8


DIMENSIKOMPETENSI
KOMPETENSI
2.2Menyusun program kepenga-wasan berdasarkan visi-misi-tujuan dan program pendidik-an di sekolah.
2.3Menyusun metode kerja daninstrumen yang diperlukan un-tuk melaksanakan tugas po-kok dan fungsi pengawasan disekolah.
2.4Menyusun laporan hasil-hasilpengawasan dan menindak-lanjutinya untuk perbaikanprogram pengawasan berikut-nya di sekolah.
2.5Membina kepala sekolahdalam pengelolaan dan admi-nistrasi satuan pendidikanberdasarkan manajemenpeningkatan mutu pendidikandi sekolah.
2.6Membina kepala sekolah danguru dalam melaksanakanbimbingan konseling disekolah.
2.7Mendorong guru dan kepalasekolah dalam merefleksikanhasil-hasil yang dicapainya

9
untuk menemukan kelebihandan kekurangan dalam melak-sanakan tugas pokoknya disekolah.
2.8Memantau pelaksanaan stan-dar nasional pendidikan danmemanfaatkan hasil-hasilnyauntuk membantu kepala se-kolah dalam mempersiapkanakreditasi sekolah.


3.KompetensiSupervisiAkademik
3.1Memahami konsep, prinsip,teori dasar, karakteristik, dankecenderungan perkem-bangan tiap bidang pengem-bangan di TK/RA atau matapelajaran di SD/MI.


3.2Memahami konsep, prinsip,teori/teknologi, karakteristik,dan kecenderungan perkem-bangan proses pembelajaran/bimbingan tiap bidangpengembangan di TK/RA ataumata pelajaran di SD/MI.
3.3Membimbing guru dalammenyusun silabus tiap bidangpengembangan di TK/RA ataumata pelajaran di SD/MI ber-landaskan standar isi, standar

DIMENSIKOMPETENSI
KOMPETENSI

10
kompetensi dan kompetensidasar, dan prinsip-prinsippengembangan KTSP.
3.4Membimbing guru dalam me-milih dan menggunakan stra-tegi/metode/teknik pembela-jaran/bimbingan yang dapatmengembangkan berbagaipotensi siswa melalui bidangpengembangan di TK/RA ataumata pelajaran di SD/MI.
3.5Membimbing guru dalammenyusun rencana pelaksa-naan pembelajaran (RPP)untuk tiap bidang pengem-bangan di TK/RA atau matapelajaran di SD/MI.
3.6Membimbing guru dalammelaksanakan kegiatan pem-belajaran/bimbingan (di kelas,laboratorium, dan/atau dilapangan) untuk mengem-bangkan potensi siswa padatiap bidang pengembangan diTK/RA atau mata pelajaran diSD/MI.
3.7Membimbing guru dalam me-ngelola, merawat, mengem-

DIMENSIKOMPETENSI
KOMPETENSI

11
bangkan dan menggunakanmedia pendidikan dan fasilitaspembelajaran/bimbingan tiapbidang pengembangan di TK/RA atau mata pelajaran di SD/MI.
3.8Memotivasi guru untuk me-manfaatkan teknologi infor-masi untuk pembelajaran/bimbingan tiap bidangpengembangan di TK/RAatau mata pelajaran SD/MI.


4.KompetensiEvaluasiPendidikan
4.1Menyusun kriteria dan indika-tor keberhasilan pendidikandan pembelajaran/ bimbingandi sekolah.


4.2Membimbing guru dalam me-nentukan aspek-aspek yangpenting dinilai dalam pembela-jaran/bimbingan tiap bidangpengembangan di TK/RA ataumata pelajaran di SD/MI.
4.3Menilai kinerja kepala sekolah,guru dan staf sekolah dalammelaksanakan tugas pokokdan tanggung jawabnya untukmeningkatkan mutu pendidik-an dan pembelajaran/bim-

DIMENSIKOMPETENSI
KOMPETENSI

12
bingan tiap bidang pengem-bangan di TK/RA atau matapelajaran di SD/MI.
4.4Memantau pelaksanaan pem-belajaran/ bimbingan dan hasilbelajar siswa serta menga-nalisisnya untuk perbaikanmutu pembelajaran/bim-bingan tiap bidang pengem-bangan di TK/RA atau matapelajaran di SD/MI.
4.5Membina guru dalam meman-faatkan hasil penilaian untukperbaikan mutu pendidikandan pembelajaran/bimbingantiap bidang pengembangan diTK/RA atau mata pelajaran diSD/MI
4.6Mengolah dan menganalisisdata hasil penilaian kinerjakepala sekolah, kinerja gurudan staf sekolah.


5.KompetensiPenelitianPengembangan
5.1Menguasai berbagai pen-dekatan, jenis, dan metodepenelitian dalam pendidikan.


5.2Menentukan masalah ke-pengawasan yang penting

DIMENSIKOMPETENSI
KOMPETENSI

13
diteliti baik untuk keperluan tu-gas pengawasan maupununtuk pengembangan karir-nya sebagai pengawas.
5.3Menyusun proposal penelitianpendidikan baik proposal pe-nelitian kualitatif maupunpenelitian kuantitatif.
5.4Melaksanakan penelitianpendidikan untuk pemecahanmasalah pendidikan, dan pe-rumusan kebijakan pendidik-an yang bermanfaat bagi tu-gas pokok tanggung jawab-nya.
5.5Mengolah dan menganalisisdata hasil penelitian pen-didikan baik data kualitatifmaupun data kuantitatif.
5.6Menulis karya tulis ilmiah (KTI)dalam bidang pendidikan danatau bidang kepengawasandan memanfaatkannya untukperbaikan mutu pendidikan.
5.7Menyusun pedoman/panduandan atau buku/modul yangdiperlukan untuk melaksana-

DIMENSIKOMPETENSI
KOMPETENSI

14
kan tugas pengawasan disekolah.
5.8Memberikan bimbingan ke-pada guru tentang penelitiantindakan kelas, baik peren-canaan maupun pelaksanaan-nya di sekolah.


6.KompetensiSosial
6.1Bekerja sama dengan berba-gai pihak dalam rangka me-ningkatkan kualitas diri untukdapat melaksanakan tugasdan tanggung jawabnya.


6.2Aktif dalam kegiatan asosiasipengawas satuan pendidikan.
2.Kompetensi Pengawas Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) dan PengawasSekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA)dalam Rumpun Mata Pelajaran yang Relevan (MIPA danTIK, IPS, Bahasa, Olahraga Kesehatan, atau SeniBudaya)


DIMENSIKOMPETENSI
KOMPETENSI
1.KompetensiKepribadian
1.1Memiliki tanggung jawab se-bagai pengawas satuan pen-didikan.



DIMENSIKOMPETENSI
KOMPETENSI

15
1.2Kreatif dalam bekerja dan me-mecahkan masalah, baikyang berkaitan dengan ke-hidupan pribadinya maupuntugas-tugas jabatannya.
1.3Memiliki rasa ingin tahu akanhal-hal baru tentang pen-didikan dan ilmu pengetahuan,teknologi dan seni yang me-nunjang tugas pokok dantanggung jawabnya.
1.4Menumbuhkan motivasi kerjapada dirinya dan pada stake-holder pendidikan.


2.KompetensiSupervisiManajerial
2.1Menguasai metode, teknikdan prinsip-prinsip supervisidalam rangka meningkatkanmutu pendidikan di sekolahmenengah yang sejenis.


2.2Menyusun program kepenga-wasan berdasarkan visi-misi-tujuan dan program pendidik-an sekolah menengah yangsejenis.
2.3Menyusun metode kerja daninstrumen yang diperlukanuntuk melaksanakan tugas

DIMENSIKOMPETENSI
KOMPETENSI

16
pokok dan fungsi pengawas-an di sekolah menengah yangsejenis.
2.4Menyusun laporan hasil-hasilpengawasan dan menindak-lanjutinya untuk perbaikanprogram pengawasan beri-kutnya di sekolah menengahyang sejenis.
2.5Membina kepala sekolah da-lam pengelolaan dan admi-nistrasi satuan pendidikanberdasarkan manajemenpeningkatan mutu pendidikandi sekolah menengah yangsejenis.
2.6Membina kepala sekolah danguru dalam melaksanakanbimbingan konseling di seko-lah menengah yang sejenis..
2.7Mendorong guru dan kepalasekolah dalam merefleksikanhasil-hasil yang dicapainyauntuk menemukan kelebihandan kekurangan dalam me-laksanakan tugas pokoknya disekolah menengah yangsejenis.

DIMENSIKOMPETENSI
KOMPETENSI

17
2.8Memantau pelaksanaan stan-dar nasional pendidikan danmemanfaatkan hasil-hasilnyauntuk membantu kepalasekolah dalam mempersiap-kan akreditasi sekolah me-nengah yang sejenis.


3.KompetensiSupervisiAkademik
3.1Memahami konsep, prinsip,teori dasar, karakteristik, dankecenderungan perkembang-an tiap mata pelajaran dalamrumpun mata pelajaran yangrelevan di sekolah menengahyang sejenis.


3.2Memahami konsep, prinsip,teori/teknologi, karakteristik,dan kecenderungan perkem-bangan proses pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajar-an dalam rumpun mata pela-jaran yang relevan di sekolahmenengah yang sejenis.
3.3Membimbing guru dalam me-nyusun silabus tiap matapelajaran dalam rumpun matapelajaran yang relevan di se-kolah menengah yang sejenisberlandaskan standar isi,

DIMENSIKOMPETENSI
KOMPETENSI

18
standar kompetensi dan kom-petensi dasar, dan prinsip-prinsip pengembangan KTSP.
3.4Membimbing guru dalam me-milih dan menggunakan stra-tegi/metode/teknik pembela-jaran/bimbingan yang dapatmengembangkan berbagaipotensi siswa melalui mata-mata pelajaran dalam rumpunmata pelajaran yang relevandi sekolah menengah yangsejenis.
3.5Membimbing guru dalam me-nyusun rencana pelaksanaanpembelajaran (RPP) untuktiap mata pelajaran dalamrumpun mata pelajaran yangrelevan di sekolah menengahyang sejenis.
3.6Membimbing guru dalam me-laksanakan kegiatan pem-belajaran/bimbingan (di kelas,laboratorium, dan atau di la-pangan) untuk tiap mata pela-jaran dalam rumpun mata pel-ajaran yang relevan di seko-lah menengah yang sejenis.

DIMENSIKOMPETENSI
KOMPETENSI

19
3.7Membimbing guru dalam me-ngelola, merawat, mengem-bangkan dan menggunakanmedia pendidikan dan fasilitaspembelajaran/bimbingan tiapmata pelajaran dalam rumpunmata pelajaran yang relevandi sekolah menengah yangsejenis.
3.8Memotivasi guru untuk me-manfaatkan teknologi infor-masi dalam pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajarandalam rumpun mata pelajaanyang relevan di sekolah me-nengah yang sejenis.


4.KompetensiEvaluasiPendidikan
4.1Menyusun kriteria dan indika-tor keberhasilan pendidikandan pembelajaran/bimbingantiap mata pelajaran dalamrumpun mata pelajaran yangrelevan di sekolah menengahyang sejenis.


4.2Membimbing guru dalammenentukan aspek-aspekyang penting dinilai dalampembelajaran/bimbingan tiapmata pelajaran dalam rumpun

DIMENSIKOMPETENSI
KOMPETENSI

20
mata pelajaran yang relevandi sekolah menengah yang se-jenis.
4.3Menilai kinerja kepala sekolah,kinerja guru dan staf sekolahlainnya dalam melaksanakantugas pokok dan tanggung ja-wabnya untuk meningkatkanmutu pendidikan dan pem-belajaran/bimbingan pada tiapmata pelajaran dalam rumpunmata pelajaran yang relevandi sekolah menengah yangsejenis.
4.4Memantau pelaksanaan pem-belajaran/ bimbingan dan hasilbelajar siswa serta mengana-lisisnya untuk perbaikan mutupembelajaran/bimbingan tiapmata pelajaran dalam rumpunmata pelajaran yang relevandi sekolah menengah yangsejenis.
4.5Membina guru dalam meman-faatkan hasil penilaian untukkepentingan pendidikan danpembelajaran/bimbingan tiapmata pelajaran dalam rumpun

DIMENSIKOMPETENSI
KOMPETENSI

21
mata pelajaran yang relevandi sekolah menengah yangsejenis.
4.6Mengolah dan menganalisisdata hasil penilaian kinerjakepala sekolah, kinerja gurudan staf sekolah di sekolahmenengah yang sejenis.


5.KompetensiPenelitianPengembangan
5.1Menguasai berbagai pende-katan, jenis, dan metode pe-nelitian dalam pendidikan.


5.2Menentukan masalah ke-pengawasan yang pentingditeliti baik untuk keperluantugas pengawasan maupununtuk pengembangan karir-nya sebagai pengawas.
5.3Menyusun proposal penelitianpendidikan baik proposalpenelitian kualitatif maupunpenelitian kuantitatif.
5.4Melaksanakan penelitian pen-didikan untuk pemecahan ma-salah pendidikan, dan peru-musan kebijakan pendidikanyang bermanfaat bagi tugaspokok tanggung jawabnya.

DIMENSIKOMPETENSI
KOMPETENSI

22
5.5Mengolah dan menganalisisdata hasil penelitian pendidik-an baik data kualitatif maupundata kuantitatif.
5.6Menulis karya tulis ilmiah (KTI)dalam bidang pendidikan danatau bidang kepengawasandan memanfaatkannya untukperbaikan mutu pendidikan
5.7Menyusun pedoman/panduandan atau buku/modul yang di-perlukan untuk melaksanakantugas pengawasan di sekolahmenengah yang sejenis.
5.8Memberikan bimbingan ke-pada guru tentang penelitiantindakan kelas, baik perenca-naan maupun pelaksanaan-nya di sekolah menengahyang sejenis.


6.KompetensiSosial
6.1Bekerja sama dengan berba-gai pihak dalam rangka me-ningkatkan kualitas diri untukdapat melaksanakan tugasdan tanggung jawabnya.


6.2Aktif dalam kegiatan asosiasipengawas satuan pendidikan.

DIMENSIKOMPETENSI
KOMPETENSI

23
3.Kompetensi Pengawas Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK) dalam RumpunMata Pelajaran yang Relevan (MIPA dan TIK, IPS,Bahasa, Olahraga Kesehatan, Seni Budaya, Teknik danIndustri, Pertanian dan Kehutanan, Bisnis danManajemen, Pariwisata, Kesejahteraan Masyarakat, atauSeni dan Kerajinan)
DIMENSIKOMPETENSI
KOMPETENSI


1.KompetensiKepribadian
1.1Memiliki tanggung jawabsebagai pengawas satuanpendidikan.


1.2Kreatif dalam bekerja dan me-mecahkan masalah baik yangberkaitan dengan kehidupanpribadinya maupun tugas-tu-gas jabatannya.
1.3Memiliki rasa ingin tahu akanhal-hal baru tentang pendidik-an dan ilmu pengetahuan, tek-nologi dan seni yang menun-jang tugas pokok dan tang-gung jawabnya.
1.4Menumbuhkan motivasi kerjapada dirinya dan pada stake-holder pendidikan.

24


2.KompetensiSupervisiManajerial
2.1Menguasai metode, teknikdan prinsip-prinsip supervisidalam rangka meningkatkanmutu pendidikan di sekolahmenengah kejuruan.


2.2Menyusun program kepenga-wasan berdasarkan visi,misi,tujuan dan program pendidik-an di sekolah menengah ke-juruan.
2.3Menyusun metode kerja daninstrumen yang diperlukanuntuk melaksanakan tugaspokok dan fungsi pengawasandi sekolah menengah kejuru-an.
2.4Menyusun laporan hasil-hasilpengawasan dan menindak-lanjutinya untuk perbaikanprogram pengawasan beri-kutnya di sekolah menengahkejuruan.
2.5Membina kepala sekolahdalam pengelolaan dan admi-nistrasi satuan pendidikanberdasarkan manajemen pe-ningkatan mutu pendidikan disekolah menengah kejuruan

DIMENSIKOMPETENSI
KOMPETENSI

25
2.6Membina kepala sekolah danguru dalam melaksanakanbimbingan konseling di seko-lah menengah kejuruan.
2.7Mendorong guru dan kepalasekolah dalam merefleksikanhasil-hasil yang dicapainyauntuk menemukan kelebihandan kekurangan dalam melak-sanakan tugas pokoknya disekolah menengah kejuruan.
2.8Memantau pelaksanaan stan-dar nasional pendidikan danmemanfaatkan hasil-hasilnyauntuk membantu kepala seko-lah dalam mempersiapkanakreditasi sekolah menengahkejuruan.


3.KompetensiSupervisiAkademik
3.1Memahami konsep, prinsip,teori dasar, karakteristik, dankecenderungan perkembang-an tiap mata pelajaran dalamrumpun mata pelajaran yangrelevan di sekolah menengahkejuruan.


3.2Memahami konsep, prinsip,teori/teknologi, karakteristik,dan kecenderungan perkem-

DIMENSIKOMPETENSI
KOMPETENSI

26
bangan proses pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajarandalam rumpun mata pelajaranyang relevan di sekolah me-nengah kejuruan.
3.3Membimbing guru dalam me-nyusun silabus tiap matapelajaran dalam rumpun matapelajaran yang relevan disekolah menengah kejuruanberlandaskan standar isi,standar kompetensi dan kom-petensi dasar, dan prinsip-prinsip pengembangan KTSP.
3.4Membimbing guru dalammemilih dan menggunakanstrategi/metode/teknikpembelajaran/bimbinganyang dapat mengembangkanberbagai potensi siswa me-lalui mata-mata pelajarandalam rumpun mata pelajaranyang relevan di sekolah me-nengah kejuruan.
3.5Membimbing guru dalammenyusun rencana pelak-sanaan pembelajaran (RPP)untuk tiap mata pelajaran

DIMENSIKOMPETENSI
KOMPETENSI

27
dalam rumpun mata pelajaranyang relevan di sekolah me-nengah kejuruan.
3.6Membimbing guru dalam me-laksanakan kegiatan pem-belajaran/bimbingan (di kelas,laboratorium, dan atau di la-pangan) untuk tiap matapelajaran dalam rumpun matapelajaran yang relevan di se-kolah menengah kejuruan.
3.7Membimbing guru dalam me-ngelola, merawat, mengem-bangkan dan menggunakanmedia pendidikan dan fasilitaspembelajaran/bimbingan tiapmata pelajaran dalam rumpunmata pelajaran yang relevandi sekolah menengah keju-ruan.
3.8Memotivasi guru untuk me-manfaatkan teknologi infor-masi dalam pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajarandalam rumpun mata pelajaranyang relevan di sekolahmenengah kejuruan.

DIMENSIKOMPETENSI
KOMPETENSI

28


4.KompetensiEvaluasiPendidikan
4.1Menyusun kriteria dan indika-tor keberhasilan pendidikandan pembelajaran/bimbingantiap mata pelajaran dalamrumpun mata pelajaran yangrelevan di sekolah menengahkejuruan.


4.2Membimbing guru dalam me-nentukan aspek-aspek yangpenting dinilai dalam pem-belajaran/bimbingan tiap matapelajaran dalam rumpun matapelajaran yang relevan disekolah menengah kejuruan
4.3Menilai kinerja kepala sekolah,kinerja guru dan staf sekolahdalam melaksanakan tugaspokok dan tanggung jawab-nya untuk meningkatkan mutupendidikan dan pembelajaran/bimbingan pada tiap matapelajaran dalam rumpun matapelajaran yang relevan disekolah menengah kejuruan.
4.4Memantau pelaksanaan pem-belajaran/ bimbingan dan hasilbelajar siswa serta menganali-sisnya untuk perbaikan mutu

DIMENSIKOMPETENSI
KOMPETENSI

29
pembelajaran/bimbingan tiapmata pelajaran dalam rumpunmata pelajaran yang relevan disekolah menengah kejuruan.
4.5Membina guru dalam meman-faatkan hasil penilaian untukkepentingan pendidikan danpembelajaran/bimbingan tiapmata pelajaran dalam rumpunmata pelajaran yang relevan disekolah menengah kejuruan
4.6Mengolah dan menganalisisdata hasil penilaian kinerjakepala sekolah, kinerja gurudan staf sekolah di sekolahmenengah kejuruan.


5.KompetensiPenelitianPengembangan
5.1Menguasai berbagai pen-dekatan, jenis, dan metodepenelitian dalam pendidikan.


5.2Menentukan masalah ke-pengawasan yang pentingditeliti baik untuk keperluantugas pengawasan maupununtuk pengembangan karirnyasebagai pengawas.
5.3Menyusun proposal penelitianpendidikan baik proposal pe-

DIMENSIKOMPETENSI
KOMPETENSI

30
nelitian kualitatif maupun pene-litian kuantitatif.
5.4Melaksanakan penelitian pen-didikan untuk pemecahan ma-salah pendidikan, dan peru-musan kebijakan pendidikanyang bermanfaat bagi tugaspokok tanggung jawabnya.
5.5Mengolah dan menganalisisdata hasil penelitian pendidik-an baik data kualitatif maupundata kuantitatif.
5.6Menulis karya tulis ilmiah (KTI)dalam bidang pendidikan danatau bidang kepengawasandan memanfaatkannya untukperbaikan mutu pendidikan
5.7Menyusun pedoman/panduandan atau buku/modul yangdiperlukan untuk melaksana-kan tugas pengawasan disekolah menengah kejuruan.
5.8Memberikan bimbingan kepa-da guru tentang penelitian tin-dakan kelas, baik perencana-an maupun pelaksanaannya disekolah menengah kejuruan.

DIMENSIKOMPETENSI
KOMPETENSI

31


6.KompetensiSosial
6.1Bekerja sama dengan berba-gai pihak dalam rangka me-ningkatkan kualitas diri untukdapat melaksanakan tugasdan tanggung jawabnya.


6.2Aktif dalam kegiatan asosiasipengawas satuan pendidikan.
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,
TTD.BAMBANG SUDIBYO
Salinan sesuai dengan aslinya.
Biro Hukum dan Organisasi
Departemen Pendidikan Nasional,
Kepala Bagian Penyusunan Rancangan
Peraturan Perundang-undangan dan
Bantuan Hukum I,
Muslikh, S.H.
NIP 131479478

DIMENSIKOMPETENSI
KOMPETENSI

32

Tidak ada komentar:

Posting Komentar